Skip to content

SIAPAKAH ‘UZAIR YANG DIJULUKI ANAK ALLAH?

24 May 2015

Oleh: Said Yai Ardiansyah

 

وَقَالَتِ الْيَهُودُ عُزَيْرٌ ابْنُ اللَّهِ وَقَالَتِ النَّصَارَى الْمَسِيحُ ابْنُ اللَّهِ ذَلِكَ قَوْلُهُمْ بِأَفْوَاهِهِمْ يُضَاهِئُونَ قَوْلَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ قَبْلُ قَاتَلَهُمُ اللَّهُ أَنَّى يُؤْفَكُونَ (30) اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ (31)

“(30) Dan orang-orang Yahudi berkata, “Uzair adalah putera Allah,” dan orang-orang Nasrani berkata, “Al-Masih adalah putera Allah”. Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka. Mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Allah memerangi (melaknat) mereka. Bagaimana mereka sampai berpaling? (31) Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al-Masih putera Maryam. Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Esa. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS At-Taubah: 30 – 31)

 

RINGKASAN TAFSIR

Dan orang-orang Yahudi berkata, “Uzair adalah putera Allah,” Dia adalah seseorang yang Allah mematikannya selama seratus tahun kemudian Allah  membangkitkannya. Orang-orang Yahudi menyebut mereka dengan ‘Izrâ.

dan orang-orang Nasrani berkata, “Al-Masih adalah putera Allah” Dia adalah Nabi ‘Isa bin Maryam atau Yesus bin Maria ‘alaihissalam. Mereka menyatakan bahwa Allah memiliki anak. Maha Suci Allah dari apa yang mereka katakan. Ini adalah perkataan yang mengandung pengingkaran terhadap kemulian dan kesempurnaan Allah ta’âlâ.

Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka. Mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu dari kalangan orang tua-orang tua dan nenek moyang mereka.

Allah memerangi (melaknat) mereka karena kekufuran mereka.

Bagaimana mereka sampai berpaling dari kebenaranBukankah ini adalah suatu yang sangat aneh

Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka, yaitu mereka menjadikan orang-orang alim (habr di dalam bahasa Arab), yaitu orang yang berilmu di kalangan orang-orang Yahudi dan rahib-rahib mereka, yaitu orang-orang yang rajin beribadah di kalangan orang-orang Nasrani (Kristen),

sebagai tuhan selain Allah dengan membuat syariat baru, dengan mengatakan bahwa ini halal dan ini haram, padahal tidak demikian. Mengikuti penghalalan dan pengharaman mereka termasuk bentuk kesyirikan dan kekufuran.

عَنْ عَدِىِّ بْنِ حَاتِمٍ قَالَ أَتَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- وَفِى عُنُقِى صَلِيبٌ مِنْ ذَهَبٍ. فَقَالَ (( يَا عَدِىُّ اطْرَحْ عَنْكَ هَذَا الْوَثَنَ ». وَسَمِعْتُهُ يَقْرَأُ فِى سُورَةِ بَرَاءَةَ {اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ} قَالَ: (( أَمَا إِنَّهُمْ لَمْ يَكُونُوا يَعْبُدُونَهُمْ وَلَكِنَّهُمْ كَانُوا إِذَا أَحَلُّوا لَهُمْ شَيْئًا اسْتَحَلُّوهُ وَإِذَا حَرَّمُوا عَلَيْهِمْ شَيْئًا حَرَّمُوهُ.)).

Diriwayatkan dari ‘Adi bin Hâtim radhiallâhu ‘anhu, dia berkata, “Saya mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan di leherku ada salib yang terbuat dari emas. Beliau pun berkata, ‘Ya ‘Adi! Buanglah patung ini dari dirimu!’ Saya mendengar beliau membaca surat Barâ-ah (At-Taubat): Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah. Beliau pun berkata, ‘Sesungguhnya mereka tidak menyembah mereka. Akan tetapi, jika mereka menghalalkan sesuatu maka para pengikutnya pun menghalalkannya. Apabila mereka mengharamkan sesuatu, maka para pengikutnya pun mengharamkannya.’.”

dan (juga mereka mempertuhankan) Al-Masih putera Maryam. Tidak hanya menganggap bahwa Nabi ‘Isa (Yesus) sebagai anak Allah, tetapi mereka juga menganggap bahwa Nabi ‘Isa ‘alahissalam adalah Tuhan.

Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Esa. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” 

 

SIAPAKAH ‘UZAIR YANG DIKATAKAN OLEH ORANG-ORANG YAHUDI BAHWA DIA ADALAH ANAK ALLAH?

Pada ayat pertama di atas disebutkan bahwa orang-orang Yahudi mengatakan bahwa ‘Uzair adalah anak Allah. Siapakah dia? Bagaimana kisahnya? Bagaimana mungkin dia bisa disebut sebagai anak Allah. Insya Allah penulis paparkan pada tulisan ini.

Nama ‘Uzair

Namanya adalah ‘Uzair (عُزَيْر), tetapi para ulama sejarah berselisih pendapat siapa nama bapak beliau. Ada yang mengatakan: Jarwah, Sûrîq, Sarâyâ atau Sarûkh. Beliau berasal dari keturunan Al-Lâwiyin. Beliau adalah keturunan Bani Israil.

Orang-orang Yahudi menyebutnya dengan nama ‘Izrâ (عزرا). Adapun penduduk Yahudi Madinah menyebutnya dengan ‘Uzair, karena penyebutan seperti itu lebih menunjukkan kecintaan di dalam penyebutan namanya atau penyebutan tersebut hanya penyerupaan dalam bahasa Arab.

 

Apakah Beliau seorang Nabi?

Ibnu ‘Abbâs radhiallahu ‘anhumâ mengatakan, “Saya tidak tahu apakah dia adalah seorang nabi atau bukan.”

Ibnu Katsîr rahimahullah mengatakan, “Yang masyhur, ‘Uzair adalah seorang Nabi dari Nabi-nabi Bani Israil. Beliau hidup di antara zaman Dawûd-Sulaimân dan zaman Zakariyâ-Yahyâ.”

Allahu a’lam, dari kisah beliau yang akan disebutkan, keistimewaan yang dimiliki oleh ‘Uzair tidak mungkin hanya dimiliki oleh seorang shâlih biasa. Dan terdapat kabar yang masyhur dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa Bani Israil dipimpin oleh seorang Nabi di setiap zamannya. Ketika meninggal seorang Nabi, maka akan digantikan dengan Nabi yang lain.

إِنَّ بَنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ تَسُوسُهُمْ أَنْبِيَاؤُهُمْ ، كُلَّمَا ذَهَبَ نَبِيٌّ خَلَفَ نَبِيٌّ

“Sesungguhnya Bani Israil dulu dipimpin oleh para Nabi. Jika satu nabi meninggal, maka digantikan dengan nabi yang lain.”

 

Keistimewaan ‘Uzair

Beliau hafal seluruh  isi Taurat dimana pada saat itu tidak ada seorang pun yang menghafalnya. Beliau mengajarkannya kepada Bani Israil dan membimbing mereka dengan Taurat.

 

Kapan beliau hidup dan dimana?

Beliau hidup diperkirakan sekitar tahun 451 SM. Pada saat itu, Kursy (كورش) Raja Persia yang berada di Babil membebaskan para tawanan dari Bani Israil. Di antara tawanan tersebut adalah ‘Uzair.

Beliau diizinkan untuk kembali ke Yerusalem dan membangun Haikal (rumah ibadah orang Yahudi).

 

Wafatnya ‘Uzair dan Kebangkitannya

Allah mewafatkan beliau selama 100 tahun, kemudian membangkitkannya. Hal ini tercantum di dalam Al-Qur’an. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

أَوْ كَالَّذِي مَرَّ عَلَى قَرْيَةٍ وَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَى عُرُوشِهَا قَالَ أَنَّى يُحْيِي هَذِهِ اللَّهُ بَعْدَ مَوْتِهَا فَأَمَاتَهُ اللَّهُ مِائَةَ عَامٍ ثُمَّ بَعَثَهُ قَالَ كَمْ لَبِثْتَ قَالَ لَبِثْتُ يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ قَالَ بَلْ لَبِثْتَ مِائَةَ عَامٍ فَانْظُرْ إِلَى طَعَامِكَ وَشَرَابِكَ لَمْ يَتَسَنَّهْ وَانْظُرْ إِلَى حِمَارِكَ وَلِنَجْعَلَكَ آيَةً لِلنَّاسِ وَانْظُرْ إِلَى الْعِظَامِ كَيْفَ نُنْشِزُهَا ثُمَّ نَكْسُوهَا لَحْمًا فَلَمَّا تَبَيَّنَ لَهُ قَالَ أَعْلَمُ أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (259)

“Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya, dia berkata, ‘Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?’ Maka Allah mematikan orang itu selama seratus tahun, Kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya, ‘Berapakah lamanya kamu tinggal di sini?’ Dia menjawab, ‘Saya tinggal di sini sehari atau setengah hari.’ Allah berfirman, ‘Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya. Lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi beubah. Dan Lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang). Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan kami bagi manusia. Dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian kami menyusunnya kembali, kemudian kami membalutnya dengan daging.’ Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati), dia pun berkata, ‘Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS Al-Baqarah: 259)

 

Apa yang terjadi setelah Allah menghidupkannya kembali?

Setelah ‘Uzair dihidupkan beliau pergi dengan menunggangi keledainya. Beliau pun bertemu dengan orang-orang, dan ternyata mereka mengingkari ‘Uzair dan mengingkari kedudukan beliau. Beliau pun kebingungan. Kemudian beliau pergi menuju rumahnya dan dia mendapatkan seorang wanita tua yang buta dan terbaring lemah. Umur wanita tersebut 120 tahun. Wanita tersebut adalah budak di rumah tersebut.

Beliau pun berkata kepada wanita tersebut, “Apakah ini adalah rumah ‘Uzair?” Wanita tersebut berkata, “Ya ini adalah rumah ‘Uzair.” Kemudian wanita tersebut menyebutkan tentang keutamaan ‘Uzair, maka berkatalah ‘Uzair, “Sesungguhnya saya adalah ‘Uzair. Allah mewafatkanku selama 100 tahun kemudian Allah menghidupkanku kembali.” Berkatalah wanita tersebut, “Sesungguhnya kami kehilangan ‘Uzair sejak 100 tahun lalu. Setelah itu, kami tidak pernah mendengar kabar tentangnya.” Beliau pun berkata, “Sesungguhnya saya adalah ‘Uzair.” Wanita tersebut berkata, “Sesungguhnya ‘Uzair adalah orang yang memenuhi panggilan seseorang dan beliau mendoakan orang yang sakit dan orang-orang yang ditimpa musibah agar diberikan kesehatan dan kesembuhan. Oleh karena itu, berdoalah kepada Allah agar Allah mengembalikan penglihatanku, sehingga saya bisa melihatmu. Apabila engkau adalah ‘Uzair maka saya akan mengenalimu.”

‘Uzair pun mendoakannya dan mengusap kedua wanita tersebut. Kemudian kedua mata wanita tersebut pun sembuh dan beliau berkata, “Berdirilah dengan izin Allah. Kemudian Allah pun mengokohkan kakinya dan wanita itu pun berdiri. Kemudian wanita tersebut pun mengatakan, “Saya bersaksi bahwa engkau adalah ‘Uzair.” Kemudian mereka pun pergi ke tempat berkumpulnya Bani Israil. Di sana ada anak ‘Uzair yang berumur 118 tahun dan cucu-cucu beliau. Wanita tersebut pun mengatakan, “Ini adalah ‘Uzair.” Mereka pun tidak mempercayainya. Wanita itu pun berkata, “Saya adalah Fulanah mantan budak kalian. Beliau telah berdoa kepada Allah untuk kesembuhanku, kemudian Allah mengembalikan penglihatanku dan mengokohkan kakiku untuk berjalan. Allah telah mematikannya selama 100 tahun kemudian Allah menghidupkannya. Kemudian orang-orang pun mendekatinya dan melihatnya dengan seksama. Anaknya pun berkata, “Ayahku memiliki tanda hitam di punggung antara dua pundaknya. Kemudian beliau pun membukanya dan ternyata dia adalah ‘Uzair. Mereka pun berkata, “Sesungguhnya di antara kami tidak ada yang menghafal taurat selain ‘Uzair. Kaum Bukhtu Nashshar (بخت نصر) telah membakar seluruh Taurat, kecuali yang dihafal oleh orang-orang.

 

Keheranan Bani Israil terhadap ‘Uzair

Ada banyak versi yang disebutkan ulama tafsir dan sejarah tentang sejarah ‘Uzair menuliskan atau mendiktekan Taurat kepada Bani Israil dan bagaimana beliau bisa melakukan hal tersebut. Perbedaan ini terjadi karena tidak validnya sumber yang didapatkan dari kabar-kabar Bani Israil. Mereka menukil cerita tanpa sanad (jalur periwayatan). Berikut ini adalah beberapa versi tentang hal tersebut:

  • Versi 1: Dulu Ayah ‘Uzair yang bernama Sarûkh, telah mengubur Taurat di zaman penyerangan Bukhtu Nashshar di suatu tempat yang tidak diketahui oleh seorang pun kecuali ‘Uzair. Mereka dan ‘Uzair pun pergi ke tempat tersebut, kemudian mengeluarkan Taurat. Ternyata, Taurat tersebut rusak dan tidak bisa dibaca lagi. Kemudian mereka pun duduk di bawah pohon, kemudian mereka menulis ulang Taurat. Dan turunlah dari langit dua kilatan dan masuk ke dalam mulut ‘Uzair. Kemudian beliau pun mengingat Taurat dan memperbarui tulisannya Taurat.
  • Versi 2: Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata, “… Kemudian ‘Uzair berdoa kepada Allah dan bersungguh-sungguh dalam berdoa agar Allah mengembalikan hafalan yang telah dihilangkan dari dada-dada mereka. Ketika beliau shalat dengan khusyu’ kepada Allah, turunlah cahaya dari langit kemudian masuk ke dalam mulutnya. Kemudian Taurat kembali kepada beliau. Kemudian beliau mengumumkan kepada kaumnya dan berkata, ‘Wahai kaumku! Sesungguhnya Allah telah memberikan kepadaku Taurat dan telah mengembalikannya kepadaku… Kemudian mereka pun seperti itu sampai waktu yang dikehendaki Allah. Kemudian Tâbût diturunkan setelah beliau wafat. Ketika mereka melihat Tâbût dan ternyata Taurat yang diajarkan oleh ‘Uzair seperti yang tertera di dalam Tâbût tersebut.
  • Versi 3: Uzair bertemu dengan seorang yang tua. Kemudian orang tua tersebut mengatakan, “Bukalah mulutmu! Kemudian orang tua tersebut melemparkan ke dalam mulutnya sesuatu seperti batu sebanyak tiga kali. Kemudian ‘Uzair pun kembali kepada kaummnya dan dia menjadi orang yang paling berilmu tentang Taurat… Kemudian ‘Uzair menuliskan Taurat dengan tangannya. Ketika Bani Israil kembali dari peperangan dan para ulama Bani Israil pun kembali, mereka pun menceritakan tentang ‘Uzair. Mereka pun mengeluarkan buku yang mereka simpan di gunung. Kemudian mereka membandingkannya. Ternyata yang mereka dapatkan adalah benar.

Dan disebutkan beberapa versi lain. Akan tetapi, secara keseluruhan, dapat ditarik kesimpulan bahwa ‘Uzair memang dulunya adalah penghafal Taurat, setelah beliau diwafatkan kemudian dihidupkan kembali, beliau tidak mengingat seluruhnya, kemudian beliau meminta kepada Allah agar hafalannya dikembalikan oleh Allah. Allah pun mengembalikan hafalannya. Kemudian ditulislah Taurat dengan hafalan ‘Uzair. Setelah itu terjadi pembandingan hafalan ‘Uzair dengan kitab Taurat dan ternyata hafalan ‘Uzair sama persis dengan yang terdapat pada Taurat.

 

Mengapa beliau disebut sebagai anak Allah?

Dengan berlalunya waktu, sebagian orang awam Yahudi terheran-heran dengan kisah ‘Uzair, bagaimana mungkin beliau dihidupkan setelah wafat selama 100 tahun dan bagaimana bisa dia menghafal seluruh isi Taurat tanpa salah sedikit pun. Nabi Musa pun tidak memiliki kemampuan seperti itu. Nabi Musa hanya diberikan Taurat yang telah ditulis dalam sebuah kitab dan mengajarkannya.

Mereka menyangka ini tidak mungkin terjadi jika ‘Uzair hanyalah sekedar seorang Nabi. Oleh karena itu, mereka mengatakan bahwa ‘Uzair adalah anak Allah.

Sebenarnya tidak semua orang Yahudi menyatakan bahwa beliau adalah anak Allah. Hanya sebagian aliran Yahudi saja yang mengatakannya. Akan tetapi, dikabarkan pada ayat ini seolah-olah ini adalah aqidah Yahudi. Allah memutlakkan mereka dalam ayat ini karena aliran yang tidak mengatakan bahwa ‘Uzair adalah anak Allah, berdiam diri dan tidak mengingkari hal tersebut.

 

Kesesatan orang-orang Yahudi dalam masalah ini

Tentu saja aqidah yang mengatakan bahwa Allah memiliki anak adalah aqidah yang sangat sesat. Begitu pula aqidah yang mengatakan bahwa semua agama sama.

Allah sendiri menyatakan di dalam Al-Qur’an bahwa Allah tidak memiliki anak. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ

“Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan.” (QS Al-Ikhlâsh: 3)

Allah subhanahu wa ta’ala sangat marah kepada orang-orang yang mengatakan bahwa Allah memiliki anak. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمَنُ وَلَدًا (88) لَقَدْ جِئْتُمْ شَيْئًا إِدًّا (89) تَكَادُ السَّمَاوَاتُ يَتَفَطَّرْنَ مِنْهُ وَتَنْشَقُّ الْأَرْضُ وَتَخِرُّ الْجِبَالُ هَدًّا (90) أَنْ دَعَوْا لِلرَّحْمَنِ وَلَدًا (91) وَمَا يَنْبَغِي لِلرَّحْمَنِ أَنْ يَتَّخِذَ وَلَدًا (92) إِنْ كُلُّ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ إِلَّا آتِي الرَّحْمَنِ عَبْدًا (93) لَقَدْ أَحْصَاهُمْ وَعَدَّهُمْ عَدًّا (94) وَكُلُّهُمْ آتِيهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَرْدًا (95)

“(88)Dan mereka berkata, ‘Tuhan yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak’. (89) Sesungguhnya kalian telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar. (90)  Hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu, bumi belah dan gunung-gunung runtuh,

(91) karena mereka mendakwakan bahwa Allah yang Maha Pemurah mempunyai anak. (92) Dan tidak layak bagi Tuhan yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak. (93) Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi, kecuali akan datang kepada Tuhan yang Maha Pemurah selaku seorang hamba. (94) Sesungguhnya Allah telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti. (95) Dan tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri.” (QS Maryam: 88 – 95)

 

Demikianlah beberapa penjelasan ringkas tentang ‘Uzair. Mudah-mudahan kita bisa menjadikannya sebagai pelajaran,sehingga kita tidak tersesat seperti Yahudi dan Nashrani.

Mudahan bermanfaat.

 

Daftar Pustaka

  1. Aisarut-Tafâsîr li kalâm ‘Aliyil-Kabîr. Jâbir bin Musa Al-Jazâiri. Al-Madinah: Maktabah Al-‘Ulûm wal-hikam
  2. Al-Bidâyah wan-Nihâyah. Ismâ’îl bin ‘Umar bin Katsir. 1408 H/1988. Beirut: Dâr Ihyâit-Turâts Al-‘Arabi
  3. At-Tahrîr wa At-Tanwîr. Muhammad Ath-Thâhir bin ‘Âsyûr. 1997. Tunisia: Dar Sahnûn.
  4. Ma’âlimut-tanzîl. Abu Muhammad Al-Husain bin Mas’ûd Al-Baghawi. 1417 H/1997 M. Riyâdh:Dâr Ath-Thaibah.
  5. Tafsîr Al-Qur’ân Al-‘Adzhîm. Ismâ’îl bin ‘Umar bin Katsîr. 1420 H/1999M. Riyâdh: Dâr Ath-Thaibah.
  6. Taisîr Al-Karîm Ar-Rahmân. Abdurrahmân bin Nâshir As-Sa’di. Beirut: Muassasah Ar-Risâlah.

 

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: