Skip to content

KELEMAHLEMBUTAN, MUSYAWARAH DAN TAWAKKAL

24 June 2015

Oleh: Said Yai, M.A.

 

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (QS Ali ‘Imraan: 159)

 

Tafsir Ringkas

(Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka), maksudnya dengan rahmat atau kasih sayang Allah kepadamu dan kepada para sahabatmu, engkau bisa berlemah lembut dan bisa menurunkan sayapmu (bersikap rendah hati). Engkau berlaku lembut  dan berakhlak yang mulia kepada mereka, sehingga mereka bisa berkumpul bersamamu dan mencintaimu serta melaksanakan perintahmu.

(Sekiranya kamu bersikap keras), yaitu berakhlak buruk, (lagi berhati kasar), yaitu berhati keras, (tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu), karena akhlak (buruk) dapat menyebabkan mereka lari dan membuat mereka benci kepada orang yang memiliki akhlak tersebut.

Akhlak yang baik termasuk penentu di dalam agama yang dapat menarik manusia menuju agama Allah dan membuat mereka tertarik kepada agama Allah. Selain itu, orang yang memilikinya juga mendapatkan pujian dan pahala khusus (dari Allah). Sebaliknya akhlak yang buruk termasuk penentu di dalam agama yang dapat membuat manusia lari dari agama Allah dan membuat manusia benci kepadanya. Selain itu, orang yang memilikinya juga mendapatkan penghinaan dan hukuman khusus. (Tentang akhlak yang seperti itu), Rasul yang ma’shum (terjaga dari kesalahan) saja dikatakan oleh Allah seperti itu, Apalagi manusia yang bukan rasul.

Bukankah termasuk kewajiban yang paling wajib dikerjakan dan kepentingan yang paling utama untuk didahulukan, seseorang mengikuti beliau di dalam akhlaknya yang mulia? Begitu pula berinteraksi dengan manusia sebagaimana beliau berinteraksi dengan manusia?

Kita mengikuti beliau dalam kelemahlembutan dan  akhlak baik beliau serta cara melunakkan hati seseorang. Hal ini dilakukan untuk melaksanakan perintah Allah dan menarik hamba-hamba Allah untuk menuju kepada agama Allah.

(Karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka), kemudian Allah memerintahkan agar beliau memaafkan mereka atas kekurangan-kekurangan yang mereka lakukan kepada beliau dalam hal penunaian hak-hak beliau, dan agar beliau memintakan ampun untuk mereka atas kekurangan-kekurangan yang mereka lakukan dalam hal penunaian hak-hak Allah. Dengan demikian beliau mengumpulkan antara sifat pemaaf dan berbuat baik.

(Dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu), yaitu dalam urusan-urusan yang membutuhkan perundingan, pandangan dan pemikiran. Sesungguhnya bermusyawarah memiliki banyak faidah dan kebaikan baik dalam hal diniah maupun duniawiah yang tidak mungkin dihitung. Di antara faidahnya, musyawarah merupakan salah satu ibadah dan bentuk mendekatkan diri kepada Allah …

(Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad,) untuk melakukan suatu urusan yang telah dimusyawarahkan jika urusan tersebut membutuhkan musyawarah, (maka bertawakkallah kepada Allah), bergantunglah kepada daya dan kekuatan Allah dan jangan tergantung kepada daya dan kekuatanmu sendiri. (Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya), yang bergantung dan kembali kepada-Nya.”

 

 

Penjabaran Ayat

Firman Allah ta’ala:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka.

 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus sebagai bentuk rahmat Allah kepada seluruh manusia. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

“Tidaklah kami mengutusmu kecuali sebagai rahmat untuk semesta alam.” (QS Al-Anbiya: 107)

Salah satu bentuk rahmat Allah kepada Nabi Muhammad dan kepada seluruh umat adalah Allah menjadikan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai nabi yang memiliki sifat lemah lembut. Pada saat beliau diutus, sifat lemah lembut ini sangat jarang dimiliki oleh orang-orang Arab Jahiliyah. Karena orang-orang Arab pada saat itu terkenal dengan sifat keras dan kasar mereka.

Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki sifat lemah lembut, maka ini akan menjadikan beliau lebih mudah untuk mendakwahi mereka, dengan demikian, banyak orang yang masuk Islam karena kelemahlembutan beliau. Para sahabat sangat dengan beliau dan sangat mencintai beliau.

 

Allah subhhanahu wa ta’ala menyebutkan sifat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam Al-Qur’an:

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

“Sungguh telah datang kepada kalian seorang Rasul dari kaum kalian sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, (beliau) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang yang beriman.” (QS At-Taubah: 128)

 

Ini menunjukkan kemuliaan akhlak Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau dihiasi dengan sifat lemah lembut dan sifat penyayang.

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda:

إِنَّ الرِّفْقَ لاَ يَكُونُ فِى شَىْءٍ إِلاَّ زَانَهُ وَلاَ يُنْزَعُ مِنْ شَىْءٍ إِلاَّ شَانَهُ

“Sesungguhnya, kelemahlembutan tidaklah berada pada sesuatu kecuali dia akan menghiasinya dan tidaklah dicabut dari sesuatu kecuali akan membuatnya menjadi jelek.”

Jika seseorang memiliki sifat lemah lembut, maka hal tersebut akan menghiasi orang tersebut, orang-orang di sekitarnya akan senang dengannya dan tidak takut dengannya.

Salah satu bentuk kelembutan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah ketika beliau selesai dari perang Uhud, beliau tidak memaki para sahabat atas kesalahan yang mereka lakukan karena tidak mengikuti perintah beliau. Padahal dengan jelas, beliau telah menyuruh para pemanah agar tidak turun dari bukit dalam keadaan apapun, tetapi sebagian besar dari mereka justru meninggalkannya. Sehingga kaum muslimin mendapatkan kekalahan pada saat itu. Ini semua berkat rahmat atau kasih sayang yang Allah berikan kepada beliau, sehingga beliau bisa berlemah lembut terhadap mereka.

Tetapi perlu kita ketahui bahwa sifat lemah lembut yang beliau miliki, tidaklah menghalangi beliau untuk tetap ber-amr bil-ma’ruf wan-nahy ‘anil-munkar, tidak menghalangi beliau untuk memimpin para sahabat dan tidak menghalangi beliau untuk tetap bisa bersikap tegas. Dan kita ketahui bahwa untuk memimpin umat dibutuhkan ketegasan. Dan beliau memiliki keduanya.

Seorang pemimpin yang memiliki sifat tegas akan bisa mengatur orang-orang yang dipimpinnya dan jika dihiasi dengan sifat lemah lembut maka akan membuat mereka menuruti perintahnya dengan senang hati dan tanpa paksaan.

Begitu pula di dalam berdakwah, sifat lemah lembut sangat dibutuhkan oleh seorang da’i (pendakwah). Orang-orang yang didakwahi  tidak merasa takut dengan seorang da’i yang memiliki sifat lemah lembut, dengan demikian mereka bisa menerima apa yang disampaikan oleh da’i tersebut dengan izin Allah.

 

Firman Allah ta’ala:

 

وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ

Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.

 

Arti “bersikap keras” adalah bersikap keras di dalam perkataan, sedangkan “berhati keras” maksudnya adalah di dalam perbuatan, sebagaimana dikatakan oleh Al-Kalbi. Imam Al-Baghawi mengatakan, “Bersikap keras artinya bersikap keras dalam bermuamalah, memiliki akhlak yang buruk dan tidak bisa bersabar.”

Arti “tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu” adalah berpisah, menjauh dari sekelilingmu dan meninggalkanmu.

Dengan sifat lemah lembut yang beliau miliki para sahabat tidak merasa segan untuk dekat dengan beliau. Bahkan mereka sangat merindukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika mereka berpisah dengan beliau.

 

Firman Allah ta’ala:

فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ

Karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka

 

Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari rahimahullah mengatakan, “Arti dari perkataan Allah ‘maafkanlah mereka’ maksudnya ‘maafkanlah mereka ya Muhammad atas kesalahan para pengikut dan sahabatmu dari kalangan orang-orang yang beriman terhadapmu dan apa-apa yang bawa yang berasal dari-Ku. Engkau tidak terpengaruh dengan gangguan yang mereka lakukan dan tidak pula memandangnya sebagai suatu kebencian di dalam dirimu. Arti ‘mohonkanlah ampun bagi mereka’ maksudnya berdoalah kepada Rabb-mu agar Allah mengampuni mereka, akibat dosa yang mereka lakukan yang sebenarnya mereka berhak untuk mendapatkan hukuman atas perbuatan tersebut.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melakukan hal yang luar biasa. Meskipun beliau dizalimi dengan tidak diberikan hak-hak beliau, beliau memaafkan orang yang menzaliminya dan bahkan mendoakan kebaikan untuk orang tersebut.

 

Firman Allah ta’ala:

 

وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ

Dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.

 

Para ulama berbeda pendapat di dalam menafsirkan potongan ayat ini, di antara pendapat-pendapat yang mereka sebutkan adalah sebagai berikut:

 

–  Bermusyawarahlah dengan mereka tentang hal-hal yang tidak ada wahyu dari Allah, seperti: cara menghadapi musuh dan membuat tipu daya di dalam peperangan, sebagaimana dikatakan oleh Al-Kalbi.

–  Bermusyawarahlah dengan mereka untuk membuat nyaman hati mereka dan menghilangkan kemarahan-kemarahan mereka. Dulu orang-orang Arab jika tidak diajak bermusyawarah maka hal tersebut sangat berat bagi mereka, sebagaimana dikatakan oleh Muqatil dan Qatadah.

–  Bermusyawarahlah dengan mereka, walaupun Allah sudah mengetahui bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak membutuhkannya. Akan tetapi, hal ini dilakukan agar bisa ditiru oleh orang-orang setelah beliau wafat, sebagaimana dikatakan oleh Al-Hasan.

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat sering mengumpulkan para sahabatnya untuk bermusyawarah, di antaranya musyawarah-musyawarah yang beliau lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Musyawarah untuk menghadapi kaum musyrikin Quraisy, sebelum terjadinya perang Uhud, apakah mereka menghadapi orang-orang musyrik di kota Madinah ataukah mereka keluar dari kota Madinah.
  2. Musyawarah untuk menghadapi kaum musyrikin Quraisy dan Ghathfan, sebelum terjadi perang Khandaq, akhirnya beliau menerima pendapat dari Salman Al-Farisi untuk membuat parit besar, panjang dan dalam, sehingga kaum musyrikin tidak bisa melewati parit tersebut dengan mudah.
  3. Musyawarah ketika berada di Al-Hudaibiyah, apakah mereka akan melanjutkan umrah ataukah tidak dan jika dihalangi untuk berumrah apakah yang harus mereka lakukan.

Dan ada musyawarah-musyawarah lainnya yang beliau lakukan.

Sudah sepantasnya seorang muslim yang bekerjasama dengan orang banyak membiasakan musyawarah di antara mereka. Seseorang memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak dimiliki oleh orang lain, begitu pula orang lain memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak dia miliki.

Dengan diadakan musyawarah, maka seseorang bisa berlepas diri dari ketergantungan dan kekaguman pada dirinya sendiri. Dengan meminta pendapat orang lain setidaknya bisa melatih dirinya untuk merendahkan diri di hadapan orang yang beriman, dan menganggap bahwa pendapat orang lain mungkin jauh lebih baik daripada pendapatnya.

Dengan kesamaan niat untuk mendapatkan kebaikan atau menghilangkan keburukan, maka insya Allah akan didapatkan hasil musyawarah yang setidaknya mendekati kebenaran dan diharapkan bisa menghindarkan resiko teringan yang akan terjadi.

Meskipun demikian, musyawarah yang dilakukan oleh orang-orang yang beriman bukanlah wahyu dari Allah, sehingga sangat mungkin untuk terjatuh kepada kesalahan. Oleh karena itu, meskipun seorang muslim sudah melakukan musyawarah, maka dia tetap harus bertawakkal kepada Allah atas apa-apa yang akan terjadi di masa yang akan datang dan tidak menggantungkannya terhadap dirinya sendiri.

 

Firman Allah ta’ala:

فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ

Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah.

 

Maksud membulatkan tekad adalah setelah terjadi musyawarah baik hal tersebut sesuai dengan pendapat yang engkau pilih ataupun tidak, kemudian engkau telah membulatkan tekad untuk melaksanakannya, maka bertawakkallah kepada Allah.

Imam Al-Baghawi rahimahullah mengatakan, “Apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah hanya kepada Allah bukan bertawakkal kepada musyawarah dengan mereka, yakni laksanakanlah perintah Allah! Yakinlah dengan-Nya dan minta tolonglah kepada-Nya!”

 

Firman Allah ta’ala:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

 

Arti tawakkal adalah bersandar kepada Allah dengan menunjukkan kelemahan diri dan kelemahan nama serta menggantungkan diri (kepada-Nya).

Syaikh Abu Bakr Jabir Al-Jazairi mengatakan, “Tawakkal adalah memulai melakukan perbuatan yang diperintahkan oleh Allah atau diizinkan untuk melakukan perbuatan tersebut, setelah mengerjakan sebab-sebab yang dibutuhkan untuk itu dan tidak menggantungkan pada diri sendiri atas apa-apa yang akan terjadi setelah itu, tetapi dia menyerahkan hasilnya hanya kepada Allah ta’ala.”

 

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Dan hanyalah kepada Allah orang-orang yang beriman bertawakkal.

Tidaklah dinamakan tawakkal seorang yang mengaku bergantung kepada Allah dan dia tidak mengerjakan sebab-sebab untuk bisa mendapatkan apa yang dia inginkan. Seseorang yang ingin makan, maka dia harus mencari sebab dengan cara bekerja untuk mendapatkan uang. Tidak cukup dengan itu, dia harus membeli makanan untuk bisa mendapatkan makanan, kemudian dia masukkan makanan tersebut ke dalam mulutnya.

Ada aliran yang menyatakan diri mereka sebagai aliran Islam menyatakan bahwa hidup kita ini harus benar-benar bertawakkal kepada Allah, sehingga tidak perlu bekerja, tidak perlu berusaha dan tidak perlu mengerjakan sebab-sebab, semuanya akan datang dari Allah. Mereka hanya memfokuskan pada ibadah dan zikir. Mereka menyatakan bahwa mengambil sebab-sebab tersebut termasuk hal-hal duniawi yang menyibukkan dari akhirat.

Apa yang mereka yakini sangat jelas berbeda dengan apa yang diajarkan Nabi shallallah ‘alaihi wa sallam. Beliau mengatakan:

وَلَوْأَنَّكُمْ تَوَكَّلْتُمْ عَلَى اللهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ ، لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ ، تَغْدُو خِمَاصًا ، وَتَرُوحُ بِطَانًا.

“Jika kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, maka kalian Allah akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana Allah memberikan rezeki kepada seekor burung. Burung pergi di waktu pagi dalam keadaan lapar dan pulang di waktu sore dalam keadaan kenyang.”

Pada hadits ini digambarkan hakikat dari tawakkal yang benar, seorang burung untuk bisa mendapatkan makan, maka dia harus terbang untuk mencari makan dan tidak tinggal diam di dalam sangkarnya. Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menggambarkan bahwa seseorang tidak perlu khawatir dengan rezeki yang Allah berikan kepada-Nya, tetapi untuk mendapatkan rezeki tersebut seseorang harus mengerjakan sebab-sebab untuk mendapatkan rezeki.

Jika seseorang bertawakkal kepada Allah, maka seluruh apa yang dia dapatkan setelah dia bekerja, baik banyak maupun sedikit, dia tidak akan mengeluhkannya, karena dia telah menyerahkan seluruhnya hanya kepada Allah dengan mengerjakan sebab, adapun hasilnya itu adalah terserah Allah.

 

Kesimpulan

  1. Akhlak mulia dan kelemahlembutan sangat dibutuhkan oleh setiap muslim terutama di dalam berdakwah, dengan demikian orang-orang akan lebih tertarik untuk masuk ke dalam agama Islam.
  2. Akhlak yang buruk dan sifat-perbuatan yang kasar akan membuat orang-orang menjauh dari seseorang.
  3. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mempraktikkan sifat mulia ketika beliau tidak diberikan hak-haknya oleh sebagian sahabat, yaitu dengan memaafkan mereka, dan tidak cukup dengan itu, beliau juga memohonkan ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala untuk mereka.
  4. Syariat Islam mengajarkan kita untuk selalu bermusyawarah untuk kemaslahatan bersama, baik di dalam urusan dunia maupun akhirat.
  5. Setelah seseorang berusaha dan mencari sebab-sebab untuk mendapatkan yang dia inginkan, maka dia harus bertawakkal hanya kepada Allah.

 

Demikianlah tulisan singkat ini dan mudahan bermanfaat. Mudah-mudahan Allah memberikan akhlak yang mulia kepada kita, sehingga kita bisa berlemah lembut kepada orang lain dan bisa mengikuti jejak Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 

Daftar Pustaka

  1. Aisarut-Tafaasiir li kalaam ‘Aliyil-Kabiir Wa bi Haamisyih Nahril-Khair ‘Alaa Aisarit-Tafaasir. Abu Bakr Jaabir bin Musa Al-Jazaairi. 1423 H/2002. Al-Madinah: Maktabah Al-‘Ulûm wal-hikam
  2. At-Tahriir wa At-Tanwiir. Muhammad Ath-Thahir bin ‘Asyur. 1997. Tunisia: Dar Sah
  3. Al-Jaami’ Li Ahkaamil-Qur’aan. Muhammad bin Ahmad Al-Qurthubi. Kairo: Daar Al-Kutub Al-Mishriyah.
  4. Jaami’ul-bayaan fii ta’wiilil-Qur’aan. Muhammad bin Jariir Ath-Thabari. 1420 H/2000 M. Beirut: Muassasah Ar-Risaalah.
  5. Ma’aalimut-tanziil. Abu Muhammad Al-Husain bin Mas’uud Al-Baghawi. 1417 H/1997 M. Riyaadh:Daar Ath-Thaibah.
  6. Tafsiir Al-Qur’aan Al-‘Adzhiim. Ismaa’iil bin ‘Umar bin Katsiir. 1420 H/1999 M. Riyaadh: Daar Ath-Thaibah.
  7. Taisiir Al-Kariim Ar-Rahmaan. Abdurrahmaan bin Naashir As-Sa’di. Beirut: Muassasah Ar-Risaalah.
  8. Dan lain-lain. Sebagian besar telah tercantum di footnotes.

 

 

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: