Skip to content

JIKA NABI MUHAMMAD WAFAT ATAU DIBUNUH

24 July 2015

 

 

وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ أَفَإِنْ مَاتَ أَوْ قُتِلَ انْقَلَبْتُمْ عَلَى أَعْقَابِكُمْ وَمَنْ يَنْقَلِبْ عَلَى عَقِبَيْهِ فَلَنْ يَضُرَّ اللَّهَ شَيْئًا وَسَيَجْزِي اللَّهُ الشَّاكِرِينَ (144) وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَنْ تَمُوتَ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ كِتَابًا مُؤَجَّلًا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا

نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الْآخِرَةِ نُؤْتِهِ مِنْهَا وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ (145)

(144) Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul. Sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barang siapa yang berbalik ke belakang maka dia tidak dapat mendatangkan ke-mudharat-an kepada Allah sedikit pun. Dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (145) Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa yang menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu. Dan barang siapa yang menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami berikan balasan kepada orang yang bersyukur. (QS Ali ‘Imran: 144-145)

 

Tafsir Ringkas

“Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul. Sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul.” Beliau bukanlah rasul yang berbeda dengan para rasul yang lain. Beliau termasuk para rasul yang memiliki tugas untuk menyampaikan risalah (ajaran) dari Rabb mereka dan melaksanakan perintah-perintah-Nya.

Untuk menjalankan perintah-perintah Allah, tidak disyaratkan bagi para rasul harus hidup kekal. Dan yang wajib dilakukan oleh seluruh umat adalah menyembah Rabb mereka pada setiap waktu dan keadaan. Oleh karena itu, Allah subhanahu wa ta’ala mengatakan, “Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang?” dengan meninggalkan keimanan dan jihad dan yang lainnya yang telah datang perintahnya kepada kalian.

“Barang siapa yang berbalik ke belakang maka dia tidak dapat mendatangkan ke-mudharat-an kepada Allah sedikit pun.” Sesungguhnya orang tersebut justru mendatangkan ke-mudharat-an untuk dirinya sendiri. Adapun Allah, Allah Maha Kaya tidak membutuhkan orang tersebut. Allah tetap akan menegakkan agama-Nya dan memuliakan hamba-hamba-Nya yang beriman.

Setelah Allah menghina orang yang berbalik ke belakang (murtad), Allah memuji orang-orang yang tetap bersama Rasul-Nya dan tetap melaksanakan perintah Rabb mereka, dengan perkataan-Nya, “Dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” 

Kesyukuran tidak akan bisa terwujud kecuali dengan menegakkan peribadatan kepada Allah di setiap keadaan. Dan di dalam ayat ini terdapat petunjuk dari Allah ta’ala kepada hamba-hamba-Nya, bahwa wafatnya seorang pemimpin atau pembesar tidaklah boleh membuat ragu keimanan mereka atau meninggalkan sebagian konsekuensi keimanan tersebut.

Dan ini tidak bisa terwujud kecuali dengan mempersiapkan segala hal di dalam urusan agama dan mempersiapkan orang-orang yang memiliki kemampuan. Apabila seorang di antara mereka wafat maka orang lain akan menggantikannya. Begitu pula seluruh orang-orang yang beriman harus memiliki keinginan untuk menegakkan agama Allah, berjihad karena Allah sesuai kemampuan …

Di dalam ayat ini juga terdapat dalil bahwa Abu Bakr Ash-Shiddiq dan para sahabatnya telah membunuh orang-orang yang murtad setelah wafatnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena mereka adalah pembesar-pembesar yang mempraktikkan kesyukuran.

“Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya.” Kemudian Allah ta’ala mengabarkan bahwa seluruh jiwa batas waktu hidupnya tergantung dengan izin dan qadar Allah. Barang siapa yang Allah tetapkan dia akan mati dengan takdirnya maka dia aka mati walaupun tanpa ada sebab. Barang siapa yang Allah menginginkannya tetap hidup, meskipun dia telah melakukan sebab-sebab yang dapat membuatnya mati, maka hal tersebut tidak dapat mematikannya sebelum sampai ajal kematiannya. Hal ini dikarenakan Allah telah menetapkan qadha’ dan qadar-Nya, dan Allah telah menulisnya sampai ajal tertentu. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

“Dan setiap umat mempunyai batas waktu, maka apabila telah datang batas waktunya, mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak (pula bisa) memajukannya.” (QS Al-A’raf: 34)

Kemudian Allah mengabarkan bahwa Allah memberikan manusia balasannya di dunia dan akhirat sesuai dengan apa-apa yang mereka inginkan.

Allah berfirman, “Barang siapa yang menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu. Dan barang siapa yang menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu.” 

Allah ta’ala juga berfirman:

كُلًّا نُمِدُّ هَؤُلَاءِ وَهَؤُلَاءِ مِنْ عَطَاءِ رَبِّكَ وَمَا كَانَ عَطَاءُ رَبِّكَ مَحْظُورًا (20) انْظُرْ كَيْفَ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَلَلْآخِرَةُ أَكْبَرُ دَرَجَاتٍ وَأَكْبَرُ تَفْضِيلًا (21)

“Kepada masing-masing golongan, baik golongan ini maupun golongan itu, Kami beri bantuan dari kemurahan Tuhan-mu. Dan kemurahan Tuhan-mu tidak dapat dihalangi. Perhatikanlah bagaimana Kami lebihkan sebagian dari mereka atas sebagian (yang lain). Dan pasti kehidupan akhirat lebih tinggi tingkatnya dan lebih besar keutamaannya.” (QS Al-Isra’: 20-21)

“Dan kami berikan balasan kepada orang yang bersyukur.” Allah tidak menyebutkan balasan untuk mereka untuk menunjukkan banyak dan besarnya balasan untuk mereka dan juga untuk menunjukkan bahwa balasan itu tergantung kepada kadar kesyukuran, yaitu tergantung kepada sedikit, banyak dan kualitasnya.

 

Penjabaran Ayat

 

Firman Allah ta’ala:

وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ

Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul. Sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul.

 

Sebab Turunnya ayat

Ketika kaum muslimin dikalahkan di perang Uhud, terbunuhlah beberapa sahabat Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam terluka parah. ‘Abdullah bin Qim-ah, dia adalah seorang musyrik, mengatakan kepada orang-orang musyrik bahwa dia telah membunuh Muhammad. Sebenarnya dia bukan membunuh Nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wa sallam, tetapi dia membunuh Mush’ab bin ‘Umair radhiallah ‘anhu. Mush’ab bin ‘Umair radhiallahu ‘anhu memiliki wajah yang mirip dengan Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam. ‘Abdullah bin Qim-ah pun berteriak, “Sesungguhnya Muhammad telah terbunuh.” Ada yang mengatakan bahwa yang berteriak itu adalah iblis, sehingga bisa terdengar oleh seluruh orang di sana. Ada yang mengatakan yang berteriak adalah seorang Yahudi. Allahu a’lam.

Setelah mendengar teriakan tersebut, orang-orang musyrik mengurangi serangannya kepada kaum muslimin, karena mereka menyangka bahwa mereka telah mendapatkan apa yang mereka inginkan, yaitu membunuh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sementara itu, sebagian muslimin mengatakan, “Seandainya ada di antara kita yang mengutus seseorang untuk menghubungi ‘Abdullah bin Ubay, sehingga dia bisa mengamankan kita dari Abu Sufyan.” ‘Abdullah bin Ubay adalah pembesar munafik yang sangat terkenal.

Sebagian sahabat terduduk dan pasrah. Sedangkan orang-orang munafik mengatakan, “Sesungguhnya Muhammad telah dibunuh. Kembalilah kalian kepada agama pertama kalian,” yaitu agama sebelum mereka memeluk agama Islam.

Kemudian Anas bin An-Nadhr radhiallah ‘anhu mengatakan, “Ya kaumku! Apabila Muhammad telah dibunuh, maka sesungguhnya Rabb Muhammad tidaklah dibunuh. Apa yang kalian bisa lakukan dengan kehidupan ini sepeninggal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Berperanglah sebagaimana beliau berperang. Matilah kalian sebagaimana beliau terbunuh.”… Kemudian Anas bin An-Nadhr pun berperang dan terbunuh.

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam muncul di atas batu besar dan memanggil manusia. Orang yang pertama kali mengenalinya adalah Ka’b bin Malik radhiallahu ‘anhu.

Dia berkata, “Saya mengenali beliau dari kedua matanya yang terlihat di bawah topi perangnya. Kemudian saya pun berteriak dengan suara saya yang paling keras, ‘Wahai kaum muslimin! Kabar gembira! Ini adalah Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam.’ Dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan isyarat agar saya diam. Dan beberapa sahabat pun menuju ke arah beliau. Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam mencela orang-orang yang lari dari peperangan tersebut. Mereka mengatakan, ‘Ya Nabi Allah! Ayah-ayah dan ibu-ibu kami menjadi tebusan untukmu! Kami menerima kabar bahwa engkau telah terbunuh. Hati-hati kami pun menjadi takut, sehingga kami mundur dari peperangan.’ Kemudian Allah ta’ala menurunkan ayat ini.”

 

Rasulullah seperti Rasul yang lainnya yang pasti mendapatkan kematian

Ayat ini menunjukkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia seperti para rasul yang lainnya. Dan manusia pasti akan mati. Begitu pula dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, mengapa kalian harus terheran-heran dan tercengang dengan kematian beliau?

 

Hari wafatnya Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam

Berkaitan dengan ayat ini, ada kisah menarik yang terjadi beberapa saat setelah Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam wafat. Kisah ini menunjukkan keutamaan dan kekokohan iman Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu.

‘Aisyah radhiallahu ‘anha bercerita, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat, ketika itu Abu Bakr berada di dataran tinggi. Umar pun berdiri dan berkata, ‘Demi Allah! Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah wafat. Demi Allah! Tidak ada prasangka di hatiku kecuali hal tersebut. Allah akan membangkitkan beliau dan beliau akan memotong tangan-tangan dan kaki-kaki orang munafik.’

Setelah itu datanglah Abu Bakr, kemudian beliau membuka (kain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) dan menciumnya. Abu Bakr pun berkata, “Demi ayah dan ibuku, engkau wangi baik dalam keadaan hidup maupun wafat. Demi yang jiwaku ada di tangan-Nya! Allah selamanya tidak akan membuatmu merasakan dua kali kematian.’

Kemudian beliau pun keluar dan berkata, ‘Wahai yang bersumpah! Tetaplah di tempatmu! Ketika Abu Bakr berbicara, ‘Umar pun duduk. Kemudian Abu Bakr memuji Allah dan mengagungkan-Nya. Kemudian beliau berkata, ‘Ketahuilah! Barang siapa yang menyembah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, sesungguhnya Muhammad telah wafat. Barang siapa yang menyembah Allah, maka sesungguhnya Allah Maha Hidup dan tidak mati. Dan beliau membaca ayat:

{إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُمْ مَيِّتُونَ}

“Sesungguhnya kamu akan mati dan mereka akan mati.”

dan membaca ayat:

وَمَا مُحَمَّدٌ إِلاَّ رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ أَفَإِنْ مَاتَ ، أَوْ قُتِلَ انْقَلَبْتُمْ عَلَى أَعْقَابِكُمْ ، وَمَنْ يَنْقَلِبْ عَلَى عَقِبَيْهِ فَلَنْ يَضُرَّ اللَّهَ شَيْئًا وَسَيَجْزِي اللَّهُ الشَّاكِرِينَ

“Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul. Sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barang siapa yang berbalik ke belakang maka dia tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada Allah sedikit pun. Dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (Setelah mendengar itu) Orang-orang pun menangis terisak-isak.”

Di dalam riwayat lain dari Ibnu ‘Abbas, setelah Abu Bakr membaca ayat tersebut, maka beliau mengatakan, “Demi Allah! seolah-olah semua orang tidak ada yang mengetahui bahwa Allah telah menurunkan ayat tersebut sampai Abu Bakrlah yang membacanya, dan manusia mengambil ayat tersebut darinya. Padahal saya dulu mendengar semua orang membaca ayat tersebut.

Kemudian Said bin Al-Musayyab mengabarkan kepadaku bahwa ‘Umar mengatakan, “Demi Allah! Tidaklah saya mengingatnya sampai Abu Bakr membacakan ayat tersebut. Tubuhku pun mati rasa, sampai saya tidak bisa merasakan kedua kakiku dan saya pun terjatuh ke tanah ketika saya mendengar Abu Bakr membaca ayat tersebut, yang berarti bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam telah wafat.”

 

Firman Allah ta’ala:

أَفَإِنْ مَاتَ أَوْ قُتِلَ انْقَلَبْتُمْ عَلَى أَعْقَابِكُمْ

Apakah jika dia wafat atau dibunuh kalian berbalik ke belakang?

 

“Berbalik ke belakang” maksudnya adalah kembali kepada agama kalian yang dulu sebelum kalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, sehingga kalian menjadi orang-orang kafir dan kalian meninggalkan jihad dan kitab Allah.

Meskipun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal, maka syariat yang beliau bawa terus kekal dan tersisa sampai hari kiamat. Dan kita wajib menyembah Allah semata dan mengikuti syariat yang beliau ajarkan. Oleh karena itu, sebelum Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal, beliau mewasiatkan wasiat yang sangat berharga untuk seluruh kaum muslimin agar kita berpegang teguh dengan sunnahnya.

عَنْ الْعِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ قَالَ وَعَظَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا بَعْدَ صَلَاةِ الْغَدَاةِ مَوْعِظَةً بَلِيغَةً ذَرَفَتْ مِنْهَا الْعُيُونُ وَوَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوبُ فَقَالَ رَجُلٌ إِنَّ هَذِهِ مَوْعِظَةُ مُوَدِّعٍ فَمَاذَا تَعْهَدُ إِلَيْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدٌ حَبَشِيٌّ فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ يَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ فَإِنَّهَا ضَلَالَةٌ فَمَنْ أَدْرَكَ ذَلِكَ مِنْكُمْ فَعَلَيْهِ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ

Diriwayatkan dari ‘Irbadh bin Sariyah radhiallahu ‘anhu bahwasanya dia berkata, “Pada suatu hari setelah shalat Subuh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan nasihat kepada kami. Sebuah nasihat yang membuat mata-mata kami menangis dan menjadikan hati-hati kami takut. Kemudian salah seorang lelaki berkata, ‘Sesungguhnya ini adalah nasihat orang yang akan berpisah. Apa yang engkau perintahkan kepada kami? Ya Rasulullah!’ Beliau pun bersabda, ‘Saya mewasiatkan kepada kalian agar kalian bertakwa kepada Allah dan dengar-taat (kepada pemimpin). Meskipun dia itu seorang budak habasyi. Sesungguhnya siapa saja yang hidup di antara kalian (setelah saya wafat), dia akan melihat perselisihan yang banyak. Jauhilah oleh kalian hal-hal yang baru. Sesungguhnya hal yang baru itu sesat. Barang siapa yang mendapatkannya di antara kalian, maka dia harus berpegang kepada sunnah-ku dan sunnah Al-Khulafaa’ Ar-Raasyidin yang diberi petunjuk. Gigitlah sunnah itu dengan gigi-gigi geraham kalian.”

 

Firman Allah ta’ala:

وَمَنْ يَنْقَلِبْ عَلَى عَقِبَيْهِ فَلَنْ يَضُرَّ اللَّهَ شَيْئًا

Barang siapa yang berbalik ke belakang maka dia tidak dapat mendatangkan ke-mudharat-an kepada Allah sedikit pun.

 

Maksudnya barang siapa yang berbalik ke belakang maka dengan kemurtadannya tersebut tidak membahayakan Allah sedikit pun, justru orang tersebut telah mendatangkan ke-mudharat-an untuk dirinya sendiri.

Muhammad bin Ishaq rahimahullah mengatakan, “Artinya tidak mengurangi sedikit pun dari kemuliaan, kerajaan, kekuasaan dan kemampuan Allah.”

 

Firman Allah ta’ala:

وَسَيَجْزِي اللَّهُ الشَّاكِرِينَ

Dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

 

Muhammad bin Ishaq rahimahullah mengatakan, “Yaitu membalas orang taat kepadanya dan mengerjakan perintahnya.”

 

Firman Allah ta’ala:

 

وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَنْ تَمُوتَ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ كِتَابًا مُؤَجَّلًا

Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya.

 

Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Seseorang tidak akan mati kecuali dengan taqdir Allah. Dia tidak akan mati sampai selesai waktu yang Allah berikan untuknya. Oleh karena itu, Allah mengatakan, ‘sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya.’.”

Isi Ayat ini seperti firman Allah ta’ala:

وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُعَمَّرٍ وَلَا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهِ إِلَّا فِي كِتَابٍ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

“Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seseorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfudzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah mudah.“ (QS Fathir: 11)

Dan juga firman-Nya:

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ طِينٍ ثُمَّ قَضَى أَجَلًا وَأَجَلٌ مُسَمًّى عِنْدَهُ ثُمَّ أَنْتُمْ تَمْتَرُونَ

“Dialah yang menciptakan kalian dari tanah, sesudah itu ditentukan ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu hal yang ada pada sisi-Nya (Yang Dia sendirilah yang mengetahuinya), kemudian kalian masih ragu-ragu (tentang kebangkitan tersebut).” (QS Al-An’am: 2)

Ibnu Katsir rahimahullah juga mengatakan, “Di dalam ayat ini terdapat penyemangat untuk para penakut agar mereka mau berperang. Sesungguhnya maju atau mundur dalam peperangan tidak akan mengurangi umur seseorang dan tidak pula akan menambahnya.”

 

Firman Allah ta’ala:

وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الْآخِرَةِ نُؤْتِهِ مِنْهَا

Barang siapa yang menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu. Dan barang siapa yang menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu.

 

Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Barang siapa yang beramal untuk mendapatkan dunia, maka dia mendapatkannya di dunia sesuai yang Allah tentukan untuknya, tetapi di akhirat dia tidak mendapatkan bagian apapun. Barang siapa yang meniatkan dengan amalannya tersebut Ad-Daar Al-Aakhirah (surga) maka Allah akan berikan bagiannya di surga dan bersamaan dengan itu juga Allah akan memberikan bagian untuknya di dunia.”

Semisal dengan ayat ini Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

مَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الْآخِرَةِ نَزِدْ لَهُ فِي حَرْثِهِ وَمَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ نَصِيبٍ

“Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan kami tambah keuntungan baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagian pun di akhirat.” (QS As-Syura: 20)

Begitu pula firman_nya:

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُ فِيهَا مَا نَشَاءُ لِمَنْ نُرِيدُ ثُمَّ جَعَلْنَا لَهُ جَهَنَّمَ يَصْلَاهَا مَذْمُومًا مَدْحُورًا (18) وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ وَسَعَى لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ كَانَ سَعْيُهُمْ مَشْكُورًا

“Barang siapa yang menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka kami akan segerakan baginya di dunia itu apa yang kami hendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka Jahannam. Dia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. Dan barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang dia adalah seorang mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik.“  (QS Al-Isra’: 18-19)

 

Diriwayatkan dari Ubay bin Ka’b radhiallahu ‘anhu bahwanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

بَشِّرْ هَذِهِ الأُمَّةَ بِالسَّنَاءِ وَالتَّمْكِينِ فِي الْبِلاَدِ وَالنَّصْرِ وَالرِّفْعَةِ فِي الدِّينِ، وَمَنْ عَمِلَ مِنْهُمْ بِعَمَلِ الآخِرَةِ لِلدُّنْيَا ، فَلَيْسَ لَهُ فِي الآخِرَةِ نَصِيبٌ

“Berilah kabar gembira kepada umat ini dengan ketinggian, kekuasaan di suatu negeri, kemenangan dan kemuliaan di dalam agama. Barang siapa di antara mereka yang mengerjakan amalan akhirat untuk mendapatkan dunia, maka di akhirat dia tidak akan mendapatkan bagian.”

Abu Wail rahimahullah pernah mengatakan, ‘Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu berkata:

كَيْفَ أَنْتُمْ إِذَا لَبِسَتْكُمْ فِتْنَةٌ يَهْرَمُ فِيهَا الْكَبِيرُ، وَيَرْبُو فِيهَا الصَّغِيرُ، وَيَتَّخِذُهَا النَّاسُ سُنَّةً فَإِذَا غُيِّرَتْ، قَالُوا: غُيِّرَتِ السُّنَّةُ؟ قِيلٌ: مَتَى ذَلِكَ يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ؟ قَالَ: إِذَا كَثُرَتْ قُرَّاؤُكُمْ وَقَلَّتْ فُقَهَاؤُكُمْ وَكَثُرَتْ أَمْوَالُكُمْ وَقَلَّتْ أُمَنَاؤُكُمْ وَالْتُمِسَتِ الدُّنْيَا بِعَمَلِ الآخِرَةِ.

“Bagaimana kalian jika fitnah menguasai kalian, orang-orang dewasa menjadi tua, dan anak-anak kecil beranjak dewasa, kemudian manusia menjadikan fitnah tersebut sebagai sunnah (kebiasaan). Apabila kebiasaan tersebut ingin diubah (diperbaiki) maka mereka mengatakan, ‘Apakah sunnah (kebiasaan) telah diubah?’ Beliau pun ditanya, “Kapankah itu (akan terjadi) wahai Abu ‘Abdirrahman?” Beliau pun mengatakan, “Jika penghafal-penghafal Al-Qur’an di antara kalian jumlahnya banyak, tetapi sangat sedikit orang-orang yang paham (terhadap agama) di antara kalian. Begitu pula ketika harta-harta kalian banyak, tetapi sedikit orang-orang yang bisa dipercaya di antara kalian dan dunia dicari dengan mengerjakan amalan akhirat.”

 

Malik bin Dinar rahimahullah pernah berkata:

سَأَلْتُ الْحَسَنَ مَا عُقُوبَةُ الْعَالِمِ ؟ قَالَ: مَوْتُ الْقَلْبِ. قُلْتُ: وَمَا مَوْتُ الْقَلْبِ؟ قَالَ: طَلَبُ الدُّنْيَا بِعَمَلِ الْآخِرَةِ.

“Saya bertanya kepada Al-Hasan (Al-Bashri), ‘Apa hukuman bagi seorang yang berilmu?’, Beliau menjawab, ‘Kematian hatinya,’ Saya pun berkata, ‘Apa yang dimaksud kematian hati?’ Beliau pun menjawab, ‘Mencari dunia dengan mengerjakan amalan akhirat.’.”

 

Firman Allah ta’ala:

وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ

Dan kami berikan balasan kepada orang yang bersyukur.

 

‘Ibad bin Manshur rahimahullah mengatakan, “Saya bertanya kepada Al-Hasan tentang arti ‘Dan kami berikan balasan kepada orang yang bersyukur,’ beliau mengatakan, ‘Allah memberikan kepada hamba-Nya sesuai niatnya, baik dunia maupun akhirat.’.”

Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Artinya adalah Kami akan memberikan kepada mereka karunia dan rahmat kami di dunia dan akhirat tergantung besar syukur yang mereka lakukan dan amalan mereka.”

 

Kesimpulan

  1. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang pasti mengalami kematian.
  2. Ayat di atas menunjukkan kekokohan iman, ketinggian pemahaman dan keutamaan Abu Bakr Ash-Shiddiq di saat manusia terbawa perasaan dan tidak menerima dengan lapang wafatnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau tetap kokoh dan bahkan bisa membimbing dan mengingatkan umat akan kebenaran wafatnya beliau.
  3. Setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat kita tetap wajib mengikuti syariat yang beliau bawa.
  4. Apabila ada orang yang murtad atau kafir, maka hal tersebut tidak akan mengurangi sedikit pun kekuasaan Allah.
  5. Kematian sudah diatur oleh Allah dan seseorang tidak akan mati kecuali telah sampai ajalnya.
  6. Ayat di atas mengandung anjuran untuk selalu ikhlas di dalam beramal dan peringatan agar tidak mencari dunia dengan amalan-amalan shalih yang dikerjakan.
  7. Allah akan membalas orang-orang yang bersyukur sesuai kadar kesyukuran yang mereka kerjakan.

 

Demikian tulisan ini. Mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah menjadikan kita sebagai pengikut-pengikut sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai akhir hayat kita dan kita bisa selalu mengikhlaskan ibadah-ibadah kita hanya untuk Allah semata. Amin.

 

Daftar Pustaka

  1. Aisarut-Tafaasiir li kalaam ‘Aliyil-Kabiir. Jabir bin Musa Al-Jazairi. Al-Madinah: Maktabah Al-‘Uluum wal-hikam
  2. Al-Jaami’ Li Ahkaamil-Qur’aan. Muhammad bin Ahmad Al-Qurthubi. Kairo: Daar Al-Kutub Al-Mishriyah.
  3. As-Siirah An-Nabawiyah. ‘Abdul-Malik bin Hissyam bin Ayyub Al-Himyari. 1411. Beirut: Darul-Jail.
  4. Az-Zuhd. Ahmad bin Hanbal Asy-Syaibaani. 1425 H/2004. Kairo: Darul-Hadits.
  5. Ma’aalimut-tanziil. Abu Muhammad Al-Husain bin Mas’uud Al-Baghawi. 1417 H/1997 M. Riyaadh:Daar Ath-Thaibah.
  6. Tafsiir Al-Qur’aan Al-‘Adzhiim. Isma’iil bin ‘Umar bin Katsiir. 1420 H/1999M. Riyaadh: Daar Ath-Thaibah.
  7. Taisiir Al-Kariim Ar-Rahmaan. Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di. Beirut: Muassasah Ar-Risaalah.
  8. Tafsiir Ibni Abi Haatim. Abdurrahman bin Abi Hatim Ar-Razi. Beirut: Al-Maktabah Al-’Ashriyah.
  9. Dan lain-lain. Sebagian besar telah tercantum di footnotes.
One Comment leave one →
  1. 25 July 2015 09:21

    Reblogged this on Mas Pendek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: